Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Imam Al-Jamzuri: Pengarang Kitab Tuhfatul Athfal

 Biografi Penulis: Nama dan Kelahiran

Nama lengkap penulis adalah Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Syalabi Al-Jamzuri, dikenal dengan julukan Al-Afandi. Nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan daerah Jamzur, sebuah tempat dekat Thandata yang sekarang dikenal sebagai Thanta, berjarak sekitar 4 mil. Jamzur adalah kampung halaman ayahnya, yang termasuk dalam distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah seorang ulama besar dari abad ke-12 Hijriyah, yang dilahirkan pada bulan Rabiul Awal tahun 1100-an Hijriah.

Para Guru

Al-Jamzuri berguru kepada ulama-ulama besar yang semuanya bermadzhab Syafi'i. Di antara para gurunya yang paling terkenal adalah:

  • Syaikh Nuruddin Ali bin Umar bin Hamad bin Umar bin Naji bin Funaisy (Al-Mihi): Seorang lulusan Universitas Al-Azhar yang kemudian pindah ke Thandata (sekarang Thantha) dan mengajar ilmu qira'ah dan tajwid. Al-Jamzuri mempelajari ilmu tajwid dari Syaikh Nuruddin.

  • Syaikh Mujahid Al-Ahmadi: Namanya Muhammad Abun Naja, populer dengan julukan Sayyidi Mujahid. Dia adalah ulama besar dari abad ke-12 Hijriah dan merupakan salah satu guru awal dari Ma'had Al-Ahmadi Al-Azhar. Beliau adalah orang yang memberikan julukan Al-Afandi kepada Al-Jamzuri, yang dalam bahasa Turki berarti "terhormat," sebagai bentuk penghormatan kepada muridnya.

Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid, dalam kajian ilmu qira'ah, adalah ilmu yang membahas tentang pengucapan huruf-huruf sesuai dengan makhraj (tempat keluar) dan sifat-sifatnya. Tujuan dari ilmu tajwid adalah agar bacaan Al-Quran disampaikan dengan benar dan sempurna sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Aspek-aspek penting dalam ilmu tajwid meliputi makharijul huruf (tempat keluarnya huruf), shifatul huruf (sifat-sifat huruf), ahkamul huruf (hukum-hukum yang berkaitan dengan huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek bacaan), dan ahkamul waqaf wal ibtida' (hukum memulai dan menghentikan bacaan).

Posting Komentar untuk "Biografi Imam Al-Jamzuri: Pengarang Kitab Tuhfatul Athfal"